Bercerita Melalui Audio Whatsapp Di Kelas-Kelas Kita Alternatif Pembelajaran Online Saat Liburan Covid-19



Dampak Covid-19 terhadap dunia pendidikan sangat terasa sekali. Apa  yang belum pernah terbayangkan dalam proses belajar mengajar, kali ini benar-benar terjadi. Diantaranya adalah perubahan mode belajar dari tatap muka di kelas menjadi tatap muka dalam jaringan internet. Hal ini menjadikan sebuah kejutan bagi sebagian besar guru, pun demikian halnya bagi murid. Dikatakan kejutan karena banyak guru dan murid belum siap dengan mode ini. Ketidak siapan bisa disebabkan minimnya teknologi, gawai, koneksi internet, hingga keterampilan menggunakan teknologi. Hal ini memicu guru-guru untuk menciptakan model-model pembelajaran yang kreatif.

Salah satu kreasi yang mudah dilakukan adalah bercerita melalui audio Whatsapp. Dalam perpesanan, Whatsapp memiliki fitur rekam audio. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk mengirimkan pesan suara dengan mudah. Guru dapat memanfaatkan fitur sederhana ini untuk membuat aktifitas pembelajaran dengan muridnya. Seluruh siswa tentu harus memiliki akses terrhadap Whatsapp dan tergabung dalam grup kelas.




LANGKAH PEMBELAJARAN :
1.    Kegiatannya cukup sederhana yaitu bercerita.
2.    Murid diminta untuk bercerita secara lisan tentang topik tertentu dan merekamnya dalam pesan suara.
3.    Panjang pesan suara cukup 2 sampai 3 menit saja.
4.    Tentu saja sebelum murid melakukannya, mereka harus terlebih dahulu diberi contoh.
5.    Gurulah yang harus memberikan contoh.
6.    Selanjutnya murid harus membuat konsep dulu sebelum perekaman.


Bila berjalan dengan baik, kegiatan ini akan menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Meskipun terkesan sederhana, namun tanpa terasa murid belajar membuat narasi yang mana kegiatan membuat narasi  bukanlah hal mudah. Mereka akan berulangkali merevisi konsep mereka sampai dirasa bagus, kemudian mereka merekamnya. Selama proses ini, jangan lupa guru memberikan penguatan dan penghargaan bagi karya-karya yang sudah dikirimkan dan mendorong murid yang belum selesai untuk bersemangat. Satu hal lagi yang luar biasa dari proses ini yaitu, jangan kaget jika siswa yang sehari-hari tak terdengar (pribadi introvert) menjadi bersuara. Bisa jadi ditemukan, merekalah yang sesungguhnya memiliki potensi berbicara untuk dunia!

Bekti Sawiji (Dinas Kominfo Lumajang)

Sumber Gambar
·         https://itigic.com/convert-whatsapp-audios-to-text-with-apps/
·         https://elsiglo.com.ve/2019/10/11/ya-puedes-escuchar-los-audios-de-whatsapp-sin-entrar-en-la-app/
·         https://mobiletrans.wondershare.com/whatsapp/save-whatsapp-audio-on-android-or-iphone.html

0 Response to "Bercerita Melalui Audio Whatsapp Di Kelas-Kelas Kita Alternatif Pembelajaran Online Saat Liburan Covid-19"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel